• Tips website membahas seputar membuat website dengan mudah, menarik dan banyak pengunjungnya, dengan design yang menawan, pengaturan yang sangat mudah bagi pemula tentunya.
  • Tips Photoshop bagaimana cara menggunakan photoshop bagi pemula dan mahir dalam pengeditan gambar yang kurang maksimal menjadi maksimal, dan mengetahui dengan mudah fungsi-fungsi tool dalam photoshop.
  • Tips CorelDraw berisikan cara-cara membuat design perpaduan gambar dengan drawing tool, tips bagi pemula yang menyukai coreldraw, serta membuat berbagai bentuk design undangan dengan mudah.
  • Tips Jaringan mengulas bagaimana membuat sebuah jaringan Local maupun peer to peer yang berbasis kabel maupun wifi, bagaimana security jaringan yang baik dan pengeloaan jaringan yang aman, dan masih banyak lagi yang lain
  • Tips Visual Basic disini akan dijelaskan bagaimana membuat ssebuah program yang dari sederhana ke tingkat yang mahir dan profesional, terdapat tips bagaimana cara cepat membuat program dengan mudah.

Pemasangan Antena Wifi yang baik

Minggu, 05 September 2010 Label:
Bagi pengguna wajanbolik!

Posisi penempatan wifi didalam pralon:

posisi wifi

Berdasarkan pengalaman, posisi wifi tidaklah tegak lurus, melainkan agak miring – bisa kekiri/kekanan- sekitar 30-45°, bila ingin mendapatkan sinyal maximal.

Bila tinggi wifi hampir sama dengan pralonnya maka posisi wifi diturunkan setengah dari tinggi pralon, sehingga sebagian badan wifi ada diluar pralon. Dengan kata lain, bagian antenna wifi berada ditengah atau sedikit dibawah titik tengah pralon. Dan lebih baik lagi jika kabel usbnya keluar dari belakang wajan agar tidak menghalangi sinyal.

.

Yagi 16 elemen

yagi 16elemen

Gambar diatas saya pakai sebagai referensi ( yagi 17 pdf. Situs aslinya mendadak terblokir, katanya phishing, tapi coba saja). Hanya saja pada bagian dipole berbeda. Dipole ini didapat dari hasil googling, termasuk mengintip yagi teman, lalu ukurannya diambil jalan tengahnya.

04-05-10_0141 04-05-10_0144

Batang dari kayu profil yang tebalnya 10mm, dipotong dengan lebarnya menjadi 15mm, sedangkan panjangnya disesuaikan dengan banyaknya direktor. Direktor2nya dari potongan kawat tembaga kabel listrik dengan diameter 3mm. Diujung kabel coax RG58 (yang panjangnya 1M, padahal seharusnya jangan lebih dari 30cm. Sebab setiap 1M akan kehilangan 1db, kata para ahli; kecuali jenis coax khusus yang tentu saja harganya jauh lebih mahal) dipasang konektor jenis SMA male. Wifi yang dipergunakan adalah TPLink WN422G (100mW= 20db). Hasilnya lumayan, max 22db.

posisiwifi

Posisi AP sebenarnya sekitar 200M, tetapi adanya ditempat tinggi, sedangkan saya posisinya dibawah. Banyak pohon2 yang menghalangi, termasuk rumah tetangga. Ketika memakai antena omni aslinya, sama sekali tidak terdeteksi, padahal gain omninya 4db.

dipole coax

Dipole ini berupa PCB. Karena susah mendapatkan ferrit oxide maka terpaksa dikerik! Lalu saya potong pipa tembaga ¼in agar menjadi lembaran, dan saya bentuk sesuai PCB tsb, lalu disolder. Kabel coaxnya: serat luar sebelah kiri, bagian tengahnya sebelah kanan. Untuk dimensinya, baik PCB maupun plat tembaganya, mohon maaf, rahahahasia.

Yagi mini:

yagi2dir 03-05-10_1802

stumbler yagimini stumbler yagimini1

Dengan dipole yang sama tetapi diperpanjang PCBnya (tentu saja buat baru lagi), ditambahkan 2 buah direktor dari kawat tembaga yang sama dan disolder juga. Hasilnya hanya berbeda sedikit dari yagi panjang, yaitu max 20db.

yagimini3 yagimini4 yagimini5

Ketika dimasukan kedalam wajan 14in, gain meningkat hingga 23db. Wifi ada dibelakang wajan.

Catatan: Hasil pengukuran ini belumlah maximal karena tanpa tiang, alias hanya diatas genting saja dipegangi setinggi tangan.

Sumber : http://blog.tonytaufik.com/43cm-antenna-yagi-wifi

1 komentar:

abenk mengatakan...

nice info....
salam kenal........
check it out.. FOLLOW ME

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Tutorial IT Gratis © 2010 | Designed by Jon_no