• Tips website membahas seputar membuat website dengan mudah, menarik dan banyak pengunjungnya, dengan design yang menawan, pengaturan yang sangat mudah bagi pemula tentunya.
  • Tips Photoshop bagaimana cara menggunakan photoshop bagi pemula dan mahir dalam pengeditan gambar yang kurang maksimal menjadi maksimal, dan mengetahui dengan mudah fungsi-fungsi tool dalam photoshop.
  • Tips CorelDraw berisikan cara-cara membuat design perpaduan gambar dengan drawing tool, tips bagi pemula yang menyukai coreldraw, serta membuat berbagai bentuk design undangan dengan mudah.
  • Tips Jaringan mengulas bagaimana membuat sebuah jaringan Local maupun peer to peer yang berbasis kabel maupun wifi, bagaimana security jaringan yang baik dan pengeloaan jaringan yang aman, dan masih banyak lagi yang lain
  • Tips Visual Basic disini akan dijelaskan bagaimana membuat ssebuah program yang dari sederhana ke tingkat yang mahir dan profesional, terdapat tips bagaimana cara cepat membuat program dengan mudah.

Jaringan 2 Wireless Laptop (Ad-hoc Connection)

Sabtu, 02 Oktober 2010 Label:



Sharing file selain menggunakan pengalamatan IP juga dapat menghubungkan kedua device dengan sistem cross networking. Apabila kita ingin menghubungkan beberapa laptop dalam satu ruangan dapat mengunakan metode jaringan yang biasa disebut Ad-hoc Connection jika menggunakan wireless atau peer to peer jika menggunakan kabel. Jaringan wireless ad hoc sangat cocok dilakukan pada saat saat penting untuk menghubungkan dua buah laptop atau lebih secara langsung tanpa membutuhkan peralatan tambahan seperti wireless router atau access point. Tidak hanya untuk keperluan File Sharing, bisa juga untuk share koneksi internet.

Konfigurasi yang dibutuhkan tidaklah rumit. Untuk membuat jaringan wireless ad hoc, tiap wireless adapter cukup di setting menjadi Mode Ad Hoc (mode standart adalah infrastructure mode). OS : Windows XP

Cara mensetting laptop utama:

  1. Klik Start> Control Panel> Network Connections.
    Klik kanan pada wireless network connection, lalu klik Properties

  1. Pada Wireless Network Connection Properties, klik tab Wireless Networks
  2. Klik Add pada bagian Preferred networks

  1. Selanjutnya isilah Network Name (SSID) untuk jaringan yang akan anda buat
  2. Jangan lupa untuk mencentang check box This is a computer-to-computer (ad hoc)network: wireless access point are not used
  3. Anda juga dapat membubuhkan WEP Password agar koneksi anda aman

  1. Klik OK dan OK lagi untuk menyimpan konfigurasi anda.

Cara mensetting laptop lainnya.

Windows XP otomatis akan mendeteksi jika ada Wireless Network yang aktif

  1. Klik kanan pada icon Wireless Network yang berada pada taskbar, lalu klik View Available Wireless Networks.


  1. Wireless Network Connection akan menampilkan list SSID wireless anda. Klik SSID wireless anda lalu klik Connect.

Jika pada laptop utama ada anda bubuhkan WEP Password maka windows XP meminta anda untuk mengisi password sebelum anda terkoneksi ke jaringan ad hoc anda.

Nb:
Windows XP yang tidak mempunyai DHCP Server service membuat user harus membuat IP secara manual, baik yang broadcast maupun client yang melakukan koneksi.

Pada kasus dilapangan… Ad Hoc Connection ini satu buah ad hoc service bisa menampung multi user (tidak hanya 1 user)

sumber: http://www.hinamagazine.com/index.php/2007/12/08/ad-hoc-wireless-connection/

1 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Tutorial IT Gratis © 2010 | Designed by Jon_no